Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) menggelar kegiatan Yudisium untuk Program Sarjana Semester Gasal Tahun Ajaran 2022/2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula gedung FUAD pada hari rabu, 23 November 2022. Yudisium kali ini dihadiri oleh jajaran dekanat di lingkungan FUAD serta para mahasiswa peserta Yudisium yang telah menyelesaikan masa kuliahnya.

Yudisium kali ini diikuti oleh 101 calon wisudawan wisudawati yang didominasi oleh mahasiswa semester 9 dan 11. “Ada hal yang menjadi kebanggaan bagi fakultas dimana peserta yudisium saat ini adalah didominasi mahasiswa semester 9 dan semester 11,” ungkap Dr. H. Ahmad Munir, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah.

“Saya sebagai dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah menyampaikan selamat bagi peserta Yudisium semester gasal tahun 2022. Kami juga menyampaikan selamat kepada mereka-mereka yang telah menyelesaikan studinya di kampus dengan baik,” lanjutnya.

Yudisium dimulai pada pukul 08.00 WIB dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Dwi Ahmad Besari yang dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan dekan FUAD, sekaligus pemberian ucapan selamat kepada seluruh peserta Yudisium sekaligus pemberian penghargaan juga diberikan kepada peserta Yudisium terbaik.

Dalam yudisium kali ini, penyampaian pesan dan kesan calon wisudawan dan wisudawati diwakili oleh Zakiya Hannani Wafda, salah seorang peserta Yudisium dari jurusan BPI. Ia mengungkapkan kesan-kesan yang ia peroleh selama berkuliah di kampus IAIN Ponorogo, khususnya di Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Dalam sambutannya, Dr. H. Ahmad Munir, M.Ag., selaku dekan FUAD menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya yudisium ini, para peserta secara resmi telah selesai menempuh studi dan berhak menyandang gelar akademik sesuai jurusan masing-masing. Ia juga menyampaikan harapan agar para peserta yudisium secara aktif bergabung dalam organisasi alumni Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Ponorogo.

Dari 101 orang calon wisudawan wisudawati yang mengikuti yudisium kali ini, 48 orang di antaranya merupakan mahasiswa Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam. Yudisium terbaik dari Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam sendiri berhasil diraih oleh tiga calon wisudawati, yakni Ismi Qomariyatul Majidah dengan IPK 3,70, Adha Khoirusa’adah dengan IPK 3,69, serta Andan Ayu Salsabila dengan IPK 3,68.

Adha Khoirusa’adah, salah seorang Yudisium terbaik mengungkapkan rasa bangga dan bahagia atas keberhasilannya meraih gelar Yudisium Terbaik. Ia juga berpesan kepada mahasiswa yang sedang menempuh studi agar selalu fokus dan konsisten agar dapat menyelesaikan studi dengan baik. “Saya berharap rekan-rekan mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan maupun yang sedang mengerjakan skripsi bisa selalu fokus agar dapat menyelesaikan studinya dengan baik dan meraih kesuksesan”, ujarnya.

Berbeda dengan yudisium periode sebelumnya, yudisium ini dilaksanakan dalam satu sesi. Di samping itu, ada yang menarik dan berbeda dalam yudisium kali ini dimana jajaran dekanat dan ketua jurusan di lingkup Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah mengenakan blangkon sebagai simbol kearifan lokal.

Dalam yudisium ini juga diadakan prosesi pemotongan tumpeng sebagai simbol rasa syukur atas dilaksanakannya yudisium program sarjana semester gasal tahun ajaran 2022/2023.

Yudisium ini sendiri diakhiri dengan pembacaan doa oleh Wakil Dekan 2 Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah, Dr. Muhammad Irfan Riyadi, M.Ag.

Terakhir, Dr. H. Ahmad Munir, M.Ag., menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta Yudisium, semoga ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat. “Sekali lagi saya menyampaikan selamat. Semoga ilmun yang diperoleh bermanfaat, berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” pungkasnya.

*Jurnalis : Miftakhu Alfi Saidin*

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *