Program Pengabdian KPI berjudul Towards Smart Village: Optimization of Village Information System in Bekare Bungkal Ponorogo (MenujuDesaCerdas: Optimalisasi Sistem Informasi Desa di Bekare, Bungkal, Ponorogo) sukses dipresentasikan diperhelatan The 4th International Conference on University-Community Engagement 2022. Acara ICON UCE keempat ini dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia  yang bertempat di IAIN SyekhNurjati Cirebon, Jawa Barat pada 24-26 Oktober 2022.

Artikel pengabdian KPI yang dipresentasikan oleh Asna Istya Marwantika, M.Kom.I. ini, telahmelewati proses seleksi ratusan artikel secara nasional, dan telah direview oleh reviewer pengabdian nasional. Artikel pengabdian ini merupakan hasil dari Kuliah Pengabdian Masyarakat berbasis mono disiplin Komunikasi dan Penyiaran Islam. Hal ini turut membanggakan, menjadi prestasi dan rekogn isi jurusan KPI dalam konteks kolaborasi dosen-mahasiswa  dan menjadi kontribusi penerapan keilmuan yang bermanfaat untuk masyarakat.

Dirjen Pendis, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani dalam sambutanya di pembukaan ICON UCE menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi harus mengoptimalkan aspek pengabdian kepada masyarakat. Sebab, universitas yang baik adalah yang mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat. Kampus harus menjadi mercusuar yang menerangi masyarakat dan membangun episentrum peradaban.

ICON UCE 2022 ini merupakan konferensi internasional yang mempertemukan hasil-hasil terbaik program pengabdian masyarakat. Acara ini juga mendatangkan pemateri dari internasional seperti Martha C Beck (Lyon Collage, Amerika Serikat), Dee Brooks dari Jeder Institute Australia, Lina Kalfayandari DT Global Kanada, dan SyamsuriadidariDesa Sejahtera Astra-IAIN Bone.

Selain konferensi internasional, rangkaian acara ICON UCE ini juga diadakan Training Metodologi Pengabdian yang diikuti oleh salah satudosen FUAD IAIN Ponorogo, Umar Faruq Thohir, M.S.I. Selain itu digelar juga pameran Expo hasil pengabdian, pemilihan tokoh pengabdian inspiratif dan juga penyelenggara KKN terbaik.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *